Lomba Menyusun Menu Makanan Sehat bagi KPM Desa Patukgawemulyo

Lomba Menyusun Menu Makanan Sehat bagi KPM Desa Patukgawemulyo

Patukgawemulyo, Rabu (8 Maret 2023). Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit terkait gizi, maka pola konsumsi pangan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi pangan Beragam, Bergizi seimbang, dan Aman (B2SA).

Pada tahun ini sesuai dengan Edaran Bupati nomor 526/3085 tentang  Lomba Menyusun Menu dan Makanan Sehat Sehari di Desa/Kelurahan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Pemerintah Desa Patukgawemulyo berserta TP PKK Desa Patukgawemulyo bersama-sama menyelenggarakan Lomba Menyusun Menu Makanan di Balai Desa Patukgawemulyo yang di ikuti oleh 3 peserta dari tiap dusun yang ada di Desa Patukgawemulyo.

Tujuan dari adanya Lomba Menyusun Menu adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). Peserta lomba harus menyediakan 3 menu makanan ( menu pagi, menu siang, dan menu malam) yang mana setiap menu bernilai Rp. 10,000 yang isinya terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur mayur dan buah-buahan. Dengan anggaran tersebut harus menyajikan makanan sehat yang komplit dengan jumlah kalori 2100 dan Kriteria penilaiannya meliputi kandungan kalori dan nilai gizi (30%), tekstur dan penampilan (15%), rasa (20 %), kesesuaian harga ( 15%), kreativitas ( 20%).

Untuk Tim Juri ditunjuk dari Ketua TP PKK Desa Patukgawemulyo, Bidan Desa Patukgawemulyo dan Perangkat Desa Patukgawemulyo.

Pemenang lomba diambil juara 1 dengan hadiah Rp. 500,000 dan juara II dengan hadiah Rp. 300,000 dan juara III dengan hadiah Rp. 200,000 yang mana hadiah diberikan oleh Bupati Kebumen pada Hari Jadi Kebumen pada bulan Agustus mendatang. Pada saat lomba berlangsung, tim dari Kecamatan Mirit juga datang untuk memonitoring kegiatan lomba menyusun menu makanan sehat, selain itu juga kedatangan pendamping PKH Patukgawemulyo, yang harapannya dengan adanya lomba menyusun menu makanan sehat sehari dapat memaksimalkan kebutuhan makanan yang bergizi bagi keluarga dengan baik serta dengan penyajian yang menarik.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2