Remaja Patukgawemulyo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Remaja Patukgawemulyo Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Remaja patukgawemulyo, Kabupaten Kebumen, mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh pihak desa. Mereka mendapatkan materi dari wakil ketua pwi kebumen dan pimpinan redaksi media online kebumen24.com

Praktisi media  pers, M.Tohri memberikan materi terkait teknik peliputan berita, serta pengambilan gambar/foto. Keberadaan foto dengan penyajian visual sangat penting dalam sebuah pemberitaan, karena menggambarkan realita kondisi obyek pemberitaan, serta menjadi daya dukung utama dalam sebuah penulisan berita. 

Selain itu,pimpinan redaksi telah mengantongi penghargaan lomba foto, baik kelas lokal, nasional, maupun internasional ini mengajarkan pentingnya sebuah komposisi dalam pengambilan angle foto. 

"Pengambilan obyek foto harus dicermati karena sangat penting. Kemudian perlu diperhatikan pula pencahayaan agar foto stabil. Foto jurnalistik itu obyeknya harus jelas dan menggambarkan sebuah realitas." katanya, di hadapan peserta pelatihan jurnalistik, Sabtu (18/11/2023). 

Sementara itu para peserta pelatihan diminta untuk melakukan praktik pembuatan berita menggunakan media yang praktis, yaitu smartphone dengan menggunakan rumus piramida terbalik dan 5W+1H.

"5w+1h itu harus diterapkan dalam penulisan berita, karena menulis berita itu merupakan sebuah proses rekonstruksi sebuah fakta, kemudian ditulis, diedit kemudian disajikan ke publik. Seorang wartawan tidak bisa asal menulis, harus didasari fakta-fakta, data pendukung dan lain sebagainya. Perlu pula melatih pemilihan diksi yang pas, kurangi pengulangan kata, agar pembaca mudah memahaminya," katanya. 

Pemerintah desa patukgawemulyo  menggelar pelatihan jurnalistik ini untuk melatih para remaja desa tersebut  agar bisa mempraktikan langsung. Dengan harapan mampu mendukung website desa patukgawemulyo melalui artikel yang di buat oleh para remaja desa.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2